PEMBUATAN ES KRIM

Usaha pembuatan es krim dapat dimulai dari skala kecil dengan investasi modal awal yang rendah. Pembuatan es krim adalah ide bisnis kecil yang luar biasa yang dapat dieksplorasi oleh siapa pun dengan menghasilkan uang yang bagus darinya.

 

Es krim adalah campuran beku dari campuran krim manis dan udara, dengan tambahan perasa. Berbagai macam bahan diperbolehkan dalam es krim, tetapi jumlah minimum lemak susu, padatan susu (protein + laktosa + mineral), dan udara harus dipertahankan dalam pembuatan es krim.

 

Es krim harus mengandung setidaknya 10% lemak susu, dan setidaknya 20% total padatan susu, dan mungkin mengandung pemanis, pengemulsi dan penstabil, serta bahan penyedap yang aman dan sesuai. Es krim yang sudah jadi harus memiliki berat setidaknya 4,5 pon per galon dan harus ada setidaknya 1,6 pon total padatan (lemak + protein + laktosa + mineral + gula tambahan) per galon, sehingga membatasi jumlah maksimum udara (disebut overrun) yang bisa dimasukkan ke dalam es krim.

 

PELUANG PASAR UNTUK PEMBUATAN ES KRIM

 

Konsumsi es krim per kapita di Indonesia sekitar 200 ml. per tahun, sedangkan konsumsi global per kapita rata-rata adalah 2 liter. Konsumsi es krim per kapita terendah di dunia memberikan ruang yang luas untuk produk es krim secara umum di Indonesia dan juga di negara bagian timur laut.

 

Peningkatan populasi, gaya hidup yang berubah dengan cepat meningkatkan persentase populasi kaum muda di negara bagian timur laut akan menghasilkan pertumbuhan yang memuaskan di pasar saat ini. Es krim ditemukan sepanjang tahun di pasaran dan dikonsumsi di semua kelas orang sebagai makanan higienis yang tersedia untuk segala usia. Es krim lebih banyak dikonsumsi di kota-kota. Namun, terkadang, terutama dalam pernikahan, pertemuan, dan pertemuan sosial. Itu digunakan bahkan di desa-desa dan kota-kota. Konsumsi es krim kemungkinan akan meningkat di masa mendatang. Ada ruang lingkup yang baik bagi setiap wirausahawan baru untuk menjelajah di bidang ini.

Produksi susu beku mengikuti pola musiman yang jelas. Musim panas adalah musim yang tak tertandingi untuk makan es krim dan produk terkait lainnya. Produksi dimulai pada bulan Maret dan April untuk memenuhi jaringan ritel dan layanan makanan di akhir musim semi dan awal musim panas. Juni adalah bulan produksi tertinggi dalam setahun, tetapi produksi tetap kuat hingga Agustus untuk memenuhi permintaan musim panas. Produksi menurun hingga akhir tahun.

PENDAFTARAN BISNIS PEMBUATAN ES KRIM

Dalam memulai bisnis pembuatan es krim, Anda perlu memutuskan terlebih dahulu pola kepemilikannya. Daftar sesuai di Departemen perdagangan. Dapatkan Lisensi Dagang dan daftarkan bisnis Anda sebagai Unit  Saat Anda memulai pembuatan item makanan, Anda perlu mendapatkan izin Kontak dengan kantor Dinas Kesehatan. setempat Anda. Tergantung pada proses pembuatannya, mereka akan memandu Anda tentang lisensi khusus apa yang perlu Anda miliki.

 

BAHAN BAKU PEMBUATAN ES KRIM

 

Ada berbagai macam bahan dan formulasi (resep) yang bisa digunakan dalam es krim. Bahan baku utama yang dibutuhkan untuk produksi es krim adalah susu, susu bubuk, krim atau mentega. Berbagai bahan lainnya adalah gula pasir, perasa, penstabil, bubuk warna.

Bahan habis pakai adalah gelas, pembungkus kertas, kotak berlapis polietena (ukuran 500 ml & 1000 ml) dan paket karton. Semua bahan mentah dan bahan habis pakai tersedia secara lokal.

Anda akan membutuhkan utilitas seperti tenaga listrik dan air di lokasi pabrik Anda.

MESIN PEMBUAT ES KRIM

Pabrik es krim memiliki dua bagian utama yaitu (A) bagian kondensasi dan (B) bagian pembekuan

bagian. Selain itu, terdapat sejumlah peralatan listrik dan mekanik lainnya beserta perpipaan.

Peralatan utama yang dibutuhkan adalah kompresor pendingin, kapasitas 5 TR lengkap dengan motor dan

aksesoris, Kondensor berpendingin lengkap dengan perpipaan, unit semprotan air, penerima cairan, M.S. Brine tank, Agitator fan assembly, Thermocole, Push Cart troli, Ice-cream freezer lengkap dengan extension, Valve, shut off valve dll, Elektrikal termasuk motor mulai dari ½ sampai 20 hp, aksesoris Mekanik seperti dehydrator.

Anda juga dapat merencanakan penyetelan otomatis. Penyiapan rencana otomatis akan memberi Anda hasil produksi yang tinggi dengan keterlibatan tenaga kerja minimum.

PROSES PEMBUATAN ES KRIM

Es krim didefinisikan sebagai proyek susu beku, dibuat dengan mencampur dan memproses krim susu yang sesuai dan produk susu lainnya dengan gula, perasa, penstabil dan tekstur krim yang dibentuk dengan memasukkan udara dengan mengaduk selama proses pembekuan. Langkah utama dalam produksi es krim adalah:

1. Haluskan Campuran Es Krim

Sumber lemak susu, padatan tanpa lemak, stabilisator, dan pengemulsi dicampur untuk memastikan pencampuran sempurna antara bahan cair dan kering.

2. Pasteurisasi Campuran

Campuran es krim dipasteurisasi pada suhu 155 ° F (68,3 ° C) selama 30 menit atau 175 ° F (79,4C) selama 25 detik. Kondisi yang digunakan untuk pasteurisasi campuran es krim lebih besar daripada yang digunakan untuk susu cair karena peningkatan viskositas dari kandungan lemak, padatan, dan pemanis yang lebih tinggi, serta penambahan kuning telur pada produk custard.

3. Homogenisasi

Campuran es krim dihomogenisasi (2500 hingga 3000 psi) untuk mengurangi ukuran gumpalan lemak susu untuk membentuk emulsi yang lebih baik dan berkontribusi pada es krim yang lebih lembut dan lebih lembut. Homogenisasi juga memastikan bahwa pengemulsi dan penstabil tercampur dengan baik dan didistribusikan secara merata dalam campuran es krim sebelum dibekukan.

4. Umur Campuran

Campuran es krim berumur pada 40 ° F (5 ° C) setidaknya selama 4 jam atau semalam. Penuaan campuran mendinginkannya sebelum dibekukan, memungkinkan lemak susu untuk sebagian mengkristal dan memberikan waktu penstabil protein untuk terhidrasi. Ini meningkatkan sifat mencambuk campuran.

5. Tambahkan Cairan Perasa dan Warna

Rasa dan warna cair dapat ditambahkan ke dalam campuran sebelum dibekukan. Hanya bahan yang berbentuk cair yang dapat ditambahkan sebelum pembekuan, untuk memastikan campuran mengalir dengan baik melalui peralatan pembekuan.

6. Bekukan

Prosesnya melibatkan pembekuan campuran dan memasukkan udara. Campuran es krim dapat dibekukan dalam batch atau freezer berkelanjutan dan kondisi yang digunakan akan bergantung pada jenis freezer. Batch freezer terdiri dari tong berputar yang biasanya diisi sepertiga hingga setengah penuh dengan campuran es krim. Saat laras berputar, udara di dalam tong dimasukkan ke dalam campuran es krim.

7. Tambahkan Fruits, Nuts dan Bulky Flavorings (candy pieces, dll.)

Buah-buahan, pusaran, dan semua jenis perasa besar (kacang-kacangan, permen, dll.) Ditambahkan pada tahap ini. Bahan-bahan ini tidak dapat ditambahkan sebelum pembekuan atau akan mengganggu kelancaran aliran campuran melalui freezer.

KERAS DALAM PEMBUATAN ES KRIM

 Es krim didinginkan secepat mungkin hingga suhu penahanan kurang dari -13 ° F (-25 ° C). Suhu dan waktu pendinginan akan tergantung pada jenis freezer penyimpanan. Pendinginan cepat akan mempercepat pembekuan air dan membuat kristal es kecil. Penyimpanan pada -13 ° F (-25 ° C) akan membantu menstabilkan kristal es dan menjaga kualitas produk.

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan :